home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Horas BDK Medan
Instagram
Youtube
Tiktok
Facebook
Twitter
Pengaduan Online
Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan I Tahun 2025: BDK Medan Memperoleh Nilai Sangat Baik
Balai Diklat Keuangan Medan
Selasa, 29 April 2025 16:11 WIB
Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Balai Diklat Keuangan (BDK) Medan telah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk layanan yang diberikan pada triwulan I tahun 2025. Survei ini dilakukan sebagai bentuk keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan Pelayanan Publik yang adil, transparan dan akuntabel.
Hasil survei ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan bahan masukan bagi BDK Medan sebagai penyelenggara layanan publik untuk terus-menerus melakukan perbaikan sehingga kualitas pelayanan prima dapat segera dicapai. Dengan tercapainya pelayanan prima, maka harapan dan tuntutan masyarakat atas hak-hak mereka sebagai warga negara dapat terpenuhi.
Pelaksanaan SKM menggunakan kuesioner google form. Kuesioner survei disusun berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman SKM Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, yang mencakup 9 (Sembilan) unsur pelayanan masyarakat, yaitu:
Berdasarkan hasil dari survei ini, pelayanan publik di BDK Medan secara umum mencerminkan tingkat kualitas yang Sangat Baik dengan nilai 89,85 (skala 100). Feedback dari para pengguna layanan nantinya akan digunakan sebagai acuan dan dasar perbaikan kualitas pelayan publik maupun pengambilan kebijakan dalam rangka pelayanan publik di lingkungan BDK Medan.
Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh responden yang telah berpartisipasi dalam survei ini.
BDK Medan terus berkomitmen untuk terus menjaga integritas dan LIGAT (Layanan Prima, Inovatif, Gesit, Akuntabel, Tepercaya) Melayani dalam rangka mempertahankan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi.
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT BDK MEDAN: 89,85 (Sangat Baik)
Kesesuaian persyaratan dengan program pembelajaran yang diberikan
88,27
Kemudahan prosedur pelayanan
87,65
Kesigapan petugas dalam memberikan pelayanan
89,35
Adanya biaya/pembayaran yang dipungut
-
Kesesuaian antara layanan yang diberikan dengan yang tercantum pada Kerangka Acuan Program (KAP)
87,19
Kompetensi/kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan
89,20
Kesopanan dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan
Penanganan pengaduan pengguna layanan
90,59
Kualitas sarana dan prasarana yang digunakan dalam program pembelajaran
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik